Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kai Havertz & Timo Werner : Duo Jerman yang Belum Menunjukkan Performa Terbaiknya

Kai Havertz dan Timo Werner di datangkan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2020 dengan mahar masing-masing sebesar £72 juta untuk Havertz dari Bayer Leverkusen dan £50 juta untuk Werner dari RB Leipzig. Kedua pemain tersebut sebelum resmi pindah ke Chelsea, merupakan pemain andalan dari tim mereka masing-masing. Dalam lima tahun terakhir, tidak ada pemain di bawah usia 21 tahun yang berada di lapangan lebih lama di lima liga besar Eropa mana pun selain Havertz. Total 8.679 menit yang ia mainkan adalah bukti kualitas bintangnya sejak usia yang begitu muda, dan juga catatan kebugarannya yang bagus. Dalam jangka waktu yang sama dan dengan parameter yang sama, dia berada di urutan kedua untuk urusan gol yang dicetak, dengan 35 gol, hanya di belakang Kylian Mbappe. Untuk assist ia menempati urutan keempat, dengan 21 assist, di bawah Mbappe, Ousmane Dembele dan Jadon Sancho. Kai merupakan pemain dengan multiposisi sehingga memudahkan pelatih untuk memilih skema permainan yang di inginkan dengan tumpuan Havertz sebagai kreator. Namun, selama bermain di Bayer Leverkusen Kai Havertz selalu di tempatkan tepat di belakang striker atau attacking midfilder. Sehingga tidak aneh jika Havertz mampu mencetak 35 gol dan 21 assist kala itu.

Kai Havertz & Timo Werner

Sementara Timo Werner merupakan ujung tombak andalan RB Leipzig yang selalu di duetkan dengan rekan jangkungnya, Yussuf Poulsen. Berkat penampilannya yang impresif bersama RB Leipzig membuat Werner menjadi pemain yang banyak di incar tim-tim Eropa pada saat itu. Selama membela RB Leipzig di musim 2019/2020, total 3.590 menit yang ia mainkan di semua ajang kompetisi, 34 gol yang sudah di cetaknya dalam semua ajang kompetisi, dan 12 assist yang sudah ia berikan di semua ajang kompetisi. Berkat penampilannya yang impresif menjadikan Timo Werner salah satu penyerang yang produktif di Bundesliga pada musim tersebut. Namun, setelah Chelsea menyatakan minatnya terhadap striker Jerman tersebut dan resmi di perkenalkan oleh Chelsea sebagai rekrutan barunya, Werner menolak untuk tetap bermain bersama RB Leipzig hingga akhir kompetisi dan pada saat itu RB Leipzig merupakan semi finalis Liga Champions 2019/2020.

Tidak heran jika banyak tim Eropa yang berminat terhadap Havertz dan Werner setelah melihat statistik dan performa mereka yang konsisten selama membela timnya masing-masing. Chelsea berhasil mendaratkan mereka di Stamford Bridge dan berharap dengan kedatangan mereka, performa Chelsea musim ini bisa lebih meningkat di bandingkan musim lalu. Selain duo Jerman yang merapat, sudah ada Pulisic terlebih dahulu merapat ke Chelsea. Pulisic di datangkan Chelsea merupakan minat manager mereka saat itu, yaitu Maurizio Sarri. Namun sebelum Pulisic bermain di Chelsea, Sarri sudah tidak lagi menangani Chelsea, yang kemudian posisi manager Chelsea di gantikan oleh legend mereka, yaitu Frank Lampard. 1 musim Lampard menukangi Chelsea, ia sukses membawa Chelsea finish di urutan ke 4 papan klasemen akhir Premier League dan mengamankan tiket Champions League.

Musim 2020/2021, Chelsea belanja jor-joran untuk mendatangkan pemain yang di inginkan oleh Lampard di antaranya, duo Jerman Havertz dan Werner, Ziyech, Chilwell, Thiago Silva, Malang Sarr (loan to FC Porto), dan terakhir penjaga gawang Edouard Mendy. Chelsea melakoni laga pembuka Premier League dengan start yang kurang baik sehingga memaksa Chelsea harus berada di papan bawah klasemen sementara Premier League. Namun, seiring berjalannya waktu Frank Lampard sudah mulai menemukan komposisi yang bisa di bilang cocok untuk pemain dan permain Chelsea saat ini. Chelsea sempat tak terkalahkan (15) di semua ajang kompetisi, namun dari pertandingan tersebut yang menjadi sorotan adalah duo Jerman yang belum menunjukkan performa terbaik mereka.

Berikut statistik dari kedua pemain Jerman: 

Statistik Timo Werner bersama Chelsea

Kompetisi

Penampilan

Goal

Assist

Menit Bermain

Premier League

13

4

3

1118

League Cup

1

1

0

90

Champions League

6

3

1

382

Total

20

8

4

1.590

Statistik Goal Timo Werner bersama Chelsea

Kompetisi

Goal dari Dalam Kotak Pinalti

Goal dari Luar Kotak Pinalti

Goal dari Tendangan Bebas

Premier League

4

0

0

League Cup

0

1

0

Champions League

3

0

0

Statistik Tendangan Timo Werner bersama Chelsea

Kompetisi

Total Tendangan

Tepat Sasaran

Tingkat Konversi

Premier League

23

14

17%

League Cup

2

2

50%

Champions League

8

6

38%

 

Statistik Kai Havertz bersama Chelsea

Kompetisi

Penampilan

Goal

Assist

Menit Bermain

Premier League

11

1

1

767

League Cup

1

3

0

66

Champions League

5

0

2

335

Total

17

4

3

1.168

Statistik Assist Kai Havertz bersama Chelsea

Kompetisi

Assist

Umpan

Membuat Peluang

Premier League

1

1

9

League Cup

0

0

2

Champions League

2

0

6

Statistik Distribusi Kai Havertz bersama Chelsea

Kompetisi

Total Operan

Operan Sukses

Akurasi Operan

Premier League

392

335

85%

League Cup

42

37

88%

Champions League

200

168

84%


Melihat statistik di atas, kala kedua pemain tersebut bermain bersama Chelsea maka dapat di lihat perbandingannya saat mereka masih memperkuat tim sebelumnya dengan saat mereka sudah memperkuat Chelsea. Tidak heran jika kedua pemain Jerman tersebut  akan menjadi pembeda untuk Chelsea. Namun, kenyataan di lapangan bahwa kedua pemain tersebut masih jauh dari performa terbaik mereka.

Kai Havertz yang di gadang-gadang bisa memberikan kreasi di lini tengah Chelsea, masih belum mampu menunjukkan permainan terbaiknya, bahkan Havertz sempat tidak bermian bersama Chelsea setelah dinyatakan positif Covid-19 dan harus membuat Havertz mengisolasi diri. Sedangkan Timo Werner yang selalu tampil menjadi starter dan tidak tergantikan masih belum bisa menambah pundi-pundi golnya untuk Chelsea, dimana pada 8 pertandingan terakhirnya Werner tidak bisa memberikan kontribusi untuk Chelsea baik gol ataupun assist. Kini, apakah Kai Havertz dan Timo Werner akan tetap menjadi pilihan utama Frank Lampard di dlaam starting line up? Atau mungkin Frank Lampard akan mengistirahatkan mereka berdua untuk beberapa pertandingan ke depan? So, let see! Menarik untuk di tunggu starting line up Lampard seperti apa.

Post a Comment for "Kai Havertz & Timo Werner : Duo Jerman yang Belum Menunjukkan Performa Terbaiknya"